Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Sabtu, Januari 22, 2011

Abstrak (4)

ABSTRAK

GAMBARAN PERUBAHAN BERAT BADAN SEBAGAI AKIBAT DARI PENGGUNAAN PRODUK PELANGSING, ASUPAN MAKAN DAN AKTIVITAS SENAM PADA WANITA DENGAN
KELEBIHAN BERAT BADAN
Rafika Monalisa, 67 halaman, 2011

Latar Belakang: Peningkatan prevalensi overweight dan obesitas, terutama pada kaum wanita sangat mengkhawatirkan, karena hal ini berdampak pada kesehatan dan psikologis penderita. Salah satu penatalaksanaan yang paling digemari oleh penderita obesitas adalah penggunaan produk pelangsing, mengikuti sanggar senam dan merubah pola makan mereka untuk menurunkan berat badan.
Tujuan: Dengan mengetahui gambaran perubahan berat badan sebagai akibat dari penggunaan produk pelangsing, asupan makan, dan aktivitas senam pada wanita dengan kelebihan berat badan yang berolahraga di pusat kebugaran, diharapkan dapat menjadi sumber acuan bagi masyarakat untuk lebih selektif untuk memilih penggunaan produk pelangsing.
Metode: Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif. Populasi yaitu wanita penderita kelebihan berat badan yang berolahraga di pusat kebugaran. Seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Variabel yang diukur adalah Indeks Massa Tubuh, jenis, kesesuaian aturan pakai, dan lama pemakaian produk pelangsing,
asupan makan 24 jam sebelumnya, pengeluaran energi untuk aktivitas senam, perubahan berat badan, umur, dan efek samping penggunaan produk. Data primer diambil dengan kuesioner, recall, dan pengukuran langsung pada responden. Data yang terkumpul disajikan dalam deksriptif persentase.
Hasil: Responden yang menggunakan produk pelangsing ada 7 orang dan yang tidak ada 26 orang. Yang mengalami penurunan berat badan ada 19 orang, peningkatan berat badan 9 orang, dan yang tidak mengalami perubahan ada 5 orang.
Kesimpulan: Tidak banyak perbedaan dalam perubahan berat badan responden antara pengguna dan non-pengguna produk pelangsing.

Kata kunci: perubahan berat badan, produk pelangsing, asupan makan, aktivitas senam, wanita kelebihan berat badan

1 comments:

dr. Hendra Nopriansyah mengatakan...

dari abstrak di atas diketahui bahwa tidak ada perbedaan antara pengguna dan non pengguna obat pelangsing dalam perubahan berat badan(tentunya ini hanya hasil dari survei deskriptif).

seperti yang diketahui bahwa setiap obat-obatan apapun yang masuk ke dalam tubuh, dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh yang berperan dalam metabolisme zat tersebut.

Oleh karena 2 alasan di atas, penurunan berat badan dengan senam lebih baik daripada menggunakan obat.

Terima Kasih.

Posting Komentar