Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Sabtu, Januari 22, 2011

Abstrak (3)


ABSTRAK

HUBUNGAN JUMLAH PARITAS PADA IBU DENGAN KEJADIAN PRESENTASI BOKONG DI RUMAH SAKIT MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG

(Irham Arif Rahman, 2010, 53 halaman)

Latar belakang: Presentasi bokong merupakan malpresentasi tersering, dengan tingkat morbiditas dan mortalitas ibu-anak yang cukup tinggi, prevalensi presentasi bokong di Palembang sebesar 8,38%.
Tujuan: Mengetahui karakteristik umum dan klinis dari presentasi bokong serta hubungan jumlah paritas pada ibu dengan kejadian presentasi bokong di Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan potong lintang. Dilakukan pada tanggal 30 September-1 Desember 2010.
Hasil: Didapatkan 204 kasus presentasi bokong dan 376 kasus bukan presentasi bokong, prevalensi presentasi bokong aterm di Rumah Sakit Mohammad Hoesin adalah 6,4%, presentasi bokong terbanyak dialami ibu dengan kelas usia 26-30, jenis presentasi bokong terbanyak adalah bokong campuran dan murni sebesar 92,6%, tindakan yang tersering digunakan untuk membantu presentasi bokong adalah pervaginam (72,1%) dengan ekstraksi parsial terbanyak 35,3% dari keseluruhan, berat badan bayi yang dilahirkan dari presentasi bokong yang tersering adalah 2500-4000g, panjang badan bayi yang dilahirkan dari presentasi bokong yang tersering adalah kurang dari 48 cm, angka mortalitas bayi dari presentasi bokong aterm sebesar 3,4%, jenis kelamin perempuan merupakan yang terbanyak dari kelahiran sungsang, kelainan yang paling sering menyertai presentasi bokong adalah ketuban pecah dini 10,3% (75,5% tanpa kelainan), terakhir jumlah paritas tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian presentasi bokong(Chi-Square Test, p=0,484, OR=1,147).
Kesimpulan: Hubungan jumlah paritas dengan presentasi bokong yang didapat tidak sesuai teori kemungkinan karena presentasi bokong dengan multiparitas sedikit yang dirujuk ke RSMH, mengingat teknik persalinannya lebih mudah, sedangkan presentasi bokong dengan primipara selalu dirujuk, laporan MDGs 2010 menyatakan proporsi kelahiran dengan tenaga kesehatan terlatih di Sumatera Selatan di atas rata-rata, sebesar 78,7%.

Kata kunci: presentasi, bokong, paritas

0 comments:

Posting Komentar