Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Selasa, Februari 01, 2011

Abstrak (6)

ABSTRAK

PREVALENSI DAN KARAKTERISTIK PENDERITA HIPERTENSI DI RUMAH TAHANAN KELAS I PALEMBANG

( oleh Muhamad Alhadi Haq, 2011)

Pendahuluan : Narapidana mempunyai hak jaminan pemeliharaan kesehatan dituangkan dalam Kepmenkes Nomor 1185/Menkes/SK/ Xll/2009. Standar Minimum Rules untuk memperlakukan narapidana yang menjalani hukuman ( Standard Minimum Rules For the Treatmen Of Prisoner yang meliputi fasilitas akomodasi yang harus meiliki ventilasi, fasilitas sanitasi yang memadai, mendapatkan air serta perlengkapan toilet, pakaian dan tempat tidur, makanan sehat, hak untuk berolah raga ditempat terbuka, hak untuk mendapatkan pelayanan dokter umum maupun dokter gigi. Oleh karena penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pelayanan kesehatan di rumah tahanan dan mengetahui prevalensi penderita hipertensi di rumah tahanan.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian epidemiologik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh narapidana di Rumah Tahanan Kelas I Palembang. Sampel penelitian sebanyak 109 narapidana dari 939
penghuni, yang terdiri dari 667 tahanan, dan 272 narapidana. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan mengukur tekanan darah dan anamnesis gejala klinis yang dikeluhkan responden.

Hasil : Terdapat 34 penderita hipertensi yang ditemukan di Rumah Tahanan Kelas I. Sakit kepala dan rasa berat di tengkuk merupakan gejala klinis yang terbanyak dikeluhkan penderita hipertensi.

Pembahasan : Perlu dilakukan penelitian analitik untuk mengetahui faktor risiko dari hipertensi yang ada di Rumah Tahanan Kelas I Palembang.

Kata Kunci : Hipertensi, narapidana, tekanan darah, dan epidemioligik.

0 comments:

Posting Komentar